Tuesday, August 01, 2006

27 Juli 2006, Kurang Mutu Nih Hari Ini

What We Did Today??

Jalan-jalan!! Itu yang bisa gue bilang mengenai catatan gue dan teman-teman satu tim assess lakukan hari ini, 27 Juli 2006. Kronologis awal.. Semalam ada kabar bahwa kami akan mengunjungi banyak (baca: BUANYAAAAK) rumah di kawasan Seloharjo. Tepatnya di kawasan itu, kami (katanya) diminta untuk memeriksa semua rumah satu dusun. Maak!!! Gila aja.. Dikira kami ini tenaga profesional?! Masalahnya, kalo mreka minta kami ini yang S1 pun belum lulus, gimana kabar mreka nanti kalo misalnya rekomendasi yang kami kasih tuh salah??? Waduh..

Malam hari, setelah gue selesai menjelajahi kota *lagi* ada kabar gembira rupanya. Orderan satu dusun itu ga jadi! Untungnya satu pihak *entah yang mana* meng-cancel-nya. Ngerti juga mereka keadaan kami. *Hakhak..padahal mereka mgkn ga percaya kami, hahahaha...*. Syenangnya.. Malam ini tidur nyenyak deh. Ga ada beban pikiran, Cuy!

Paginya, tim pun dibagi menjadi 3 tim untuk menjelajahi Jogjakarta dan memeriksa 21 rumah. Tiga belas orang ini lalu dibagi berdasarkan blok dan regional. Gue masuk ke tim 2 yang memiliki kewajiban *bukan juga sih* untuk meng-assess rumah-rumah dan bangunan-bangunan di sebelah timur kota. Ada satu beberapa kawasan yang aga di selatan sih..tapi ada yang nyasar dikit: Ngemplak namanya. Daerah ini di utara sendiri, udah menuju Merapi tampaknya. Huhu..nyasar memang tapi mau bagaimana lagi? Regional tim 2 yang paling dekat. Yo weiss *Ceriwis ceritanya* kami berangkat menuju lokasi.

Lokasi pertama ada di wilayah kota. Bangunan yang akan kami periksa pertama ini adalah Rumah Sakit Anak. Masih pagi, masih segar. Tapi langsung aga bete sewaktu pegawai RS malah mengkerutkan keningnya ketika kami memperkenalkan diri dan memberi tahu tujuan kami kesana. Lho?? Katanya "Beberapa hari lalu, skitar 3 hari lalu udah ada yang kesini mas. Dari UGM juga." Hiya..!! Apa pula ini? Lalu dia menunjukkan kertas bertuliskan "BANGUNAN LAYAK PAKAI". Di atasnya ada kop bertuliskan Teknik Sipil UGM. Lho? Kok bisa? Entahlah..yang pasti kami lalu segera pergi dengan pikiran yang berkata "Hmm..kurang apik nih koordinasi di UGM".

Lokasi kedua adalah BPKB DIY. Lumayan lancarlah.. Walau mencarinya agak sedikit ribet gitu deeh.. Kelar! Mari kita menuju lokasi ketiga.

Hoho.. Kejadian yang berikut ini lebih aneh *sedikit menjengkelkan sebetulnya..*. Agak jauh nih perjalanannya, aga di luar kota lokasinya. Kita mencari lokasi yang dilaporkan oleh seorang bapak yang bernama Supriyono. Udah ktemu nih alamatnya. Tapi kok..alamat yang dia kasih kan cuma nyampe RT, kami pikir kan *biasanya* orang kampung hapal sama semua orang di daerahnya, lha ini kok ga?? Malah katanya ga ada yang namanya Pak Supriyono. Ada Pak Supriyadi ama Pak Wiyono..ga ada yang namanya Pak Supriyono. ????

Nyerah, kami ke lokasi selanjutnya. Kali ini ke suatu daerah yang juga di luar kota menuju satu masjid. Setelah agak tersendat-sendat bertanya sana sini *mengikuti kata pepatah: Malu Bertanya Sesat Di Jalan* akhirnya nemu juga nih masjid. Lagi dibangun rupanya. "Oke..time to work!" gtu pikir kami. Namun...ketika salah seorang teman sedang mengobrol dengan salah seorang bapak yang tampaknya dituakan..gue dan satu orang anggota tim 2 melihat sebuah stiker *kertas yang ditempel sebenarnya* berkop Teknik Sipil UGM dan dengan font besar dan bold mengatakan LAYAK DIPAKAI DENGAN PERBAIKAN. Nah lho??!! Kok terjadi lagi? Kali ini kami melihat nama 3 orang pemeriksanya tapi sayang gue ndiri lupa siapa aja euy! Yasulah..ntar kita bakal lapor ke UGM. Gimana nih? Masa' bangunan udah di-asses perlu di-asses lagi oleh pihak yang sama tanpa sepengetahuan pemiliknya?? Sengaja atau kesalahan??

Oke, beralih ke lokasi berikutnya..kami kembali mengalami cobaan. Orang yang rumahnya mau diperiksa, ga ada di tempat euy! Jadi nihil kesimpulannya. Udah gitu binder salah satu anggota tim ketingglan pula di area foto2. Ha? Bingung? Gapapa.. Jadi ceritanya, begitu kami tahu bahwa si Bapak ga ada, kami mulai kehilangan sedikit kenormalannya trus tercetuslah ide "Masa' dari tadi kita ga foto2??" Aha!! Ternyata ide itu sangat brilian! Maka jadilah kami "sedikit" mengadakan sesi pemotretan. Hakhak..

Setelah makan siang kami meng-asses bangunan berikunya. Ternyata bangunan yang ini merupakan asrama PU. Wauw!! Miniatur jembatan dan bangunan airnya keren-keren low! Haha..inspirasi lagi kan buat mengabadikan diri dalam sebuah gambar digital. Foto-foto lagi deh kita :-DD *Waduh..ini relawan atau turis? Entahlah!*

Lokasi terakhir?? Letaknya di Ngemplak, dia adanya di sebelah Utara Jogja. Tapi kan kita ga tau pasti tepatnya tuh objek berada..jadi kami *semua kata kita maksudnya adalah kami..* meminta pertimbangan bapak supir. Katanya "Wah mas, ini mah setengah jam-an dari sini. Tapi itu belum termasuk nyari-nyarinya". Saat itu udah jam tiga. Karena jam kerja bapak sopir adalah hanya sampai jam empat saja, maka kami memmutuskan untuk udahan aja lah ya untuk hari ini. So..we went home.

Sampai kamar *untungnya gue ngebawa kunci kamar cewek, jadinya bisa masuk dan beristirahat* para pria pun beristirahat. Well, capek sekali tampaknya mereka..

Yah itulah sedikit catatan mengenai penalaman kami setengah hari ini. Agak kurang pembelajaran sih.. *saaap!! Manta' kali ya kosakatanya?!* Malamnya kami mengalami petualangan menarik lagi. Asik lah pokoknya. Mau tahu? Tunggu edisi selanjutnya..

Catatan di hari keempat di Jogja, @3.45 pm

No comments: