Friday, May 21, 2010

Sepenggal Kenangan tentang 8EH

Masa muda tak akan kembali. Dia akan berlalu cepat dan dalam sekejap mata kau akan menyadari bahwa dia hanya sebuah kenangan


Awalnya tidak ada yang aneh yang menyebabkan aku terbangun di pagi buta hari ini. Semua tidak lebih karena aku tertidur lebih cepat dan memang ada sedikit pikiran bahwa ada pekerjaan yang harus aku cek malam ini.

Pukul 2 dini hari. Seperti biasa, radio di kamarku menyala menemani suara jangkrik dan suara binatang-binatang malam lain yang meramaikan pesta bersama sang bulan dan para bintang. Tiba-tiba..

"Everyday I love you less and less.. It's clear to see that you've become obsessed.."

Lagu dari Kaiser Chiefs diputar di radio. Dan aku pun teringat jaman-jaman masih muda dulu di studio. Saat itu aku masih jadi kulinya Agn menjadi pembuat playlist di radio kampus. Saat itu, lagu yang masuk di chart radio sehingga wajib diputar di paling tidak 3 show dalam satu hari ini sedang hits-hitsnya.

8EH Radio ITB. Itu adalah nama radio kampus dimana aku terdaftar menjadi salah satu krunya. Radio ini adalah radio kampus yang ada di ITB. Sebuah radio yang studionya berlokasi di tempat yang (lumayan) bergengsi. Tidak berdampingan dengan unit-unit kegiatan yang lain, melainkan bersama dengan lab-lab ITB di gedung PAU. Gedung tertinggi di kampus ganesha dan tidak tanggung- tanggung berada di lantai paling atas.

Apa yang menarik dan unik dari radio ini?

Satu, proses rekrutmen radio ini. Jika unit-unit kegiatan lain di ITB melakukan proses rekrutmen anggotanya dengan melakukan suatu proses kaderisasi, 8EH berbeda. Dia melakukan seleksi langsung. Mereka hanya menerima orang dengan kriteria tertentu dengan jumlah terbatas, dan karena itu dilakukanlah seleksi. Yang gugur, ya maaf- maaf saja..silakan coba pada tahap rekrutmen selanjutnya.

Ada lagi. Walaupun radio ini bermerek ITB, tapi krunya ga terbatas mahasiswa di lingkungan ITB saja. Mereka menerima juga mahasiswa dari kampus lain. Jaman aku dulu, ada dari Unpad Dago, Unpad Jatinangor, sampai Unisba. Pokoknya ramai!!

Hmm..kalo dari segi sejarah, radio ini memiliki sejarah hebatnya sendiri. Radio bergelombang FM pertama, dipercaya sebagai radio ini. Lalu, waktu jamannya mahasiswa ITB beraksi dan mengeluarkan Buku Putih, radio ini turut andil dalam menyebarluaskan perjuangan mahasiswa saat itu. Apa lagi? Oh, radio ini juga merupakan salah satu radio tertua di Indonesia. Pokoknya banyaklah. Karena itu, penulis meminta maaf karena tidak begitu banyak mengerti sejarah 8EH sehingga tidak bisa berbagi terlalu banyak. Ini adalah satu page yang akan memberi sedikit gambaran lebih jauh mengenai 8EH Radio ITB.

Aku sendiri...8EH menyimpan banyak kenangan. Aku mungkin bukan kru yang bersinar sedemikian terang. Redup..bisa jadi. Teman-temanku yang lain jauh lebih aktif dan lebih rame. Tapi kami memiliki peran masing- masing. Peran yang memberi keseimbangan bagi radio ini. Banyak hal telah aku rasakan di sini. Mulai cabut karena gondok sama salah satu kru yang (dulu) aku anggap amat sangat sok berkuasa; berganti-ganti posisi mulai dari penyiar, playlist maker, produser, ann cabutan, sampai akhirnya bertahan di script writer; kudeta General Manager (posisi tertinggi di kepengurusan) dan pengunduran diri GM yang kontroversial, dan lain lain.

Berbagai sifat dan karakteristik orang-orang di sana memperkaya kepribadianku. Waktu aku masih ditempa disini, sebagian besar menusianya berkarakter dinamis. Segala sesuatu yang biasa akan ditolak apalagi kalau tidak dilihat manfaatnya. Semua bekerja diburu oleh waktu, jaman, trend dan tugas kuliah (tentu saja). Pokoknya seluruh gerakan dilakukan cepat dan amat dinamis. Dan bagiku yang dibesarkan secara santai, hal ini tentu menjadi cambukan yang amat keras. Membentukku menjadi lebih sabar, lebih dinamis dan aktif serta supel. Ya, karena disini jangan harap kamu akan dianggap kalau kamu tidak mengaktualisasikan diri.

Agun (my fave as MD and as a person), Aldo (GM tergalak dan terpedas dalam ucapan), Ade (yang "manis" dan sinis), Vicky (papahnya announcer), Elp (mantan GM yang begitu lengser berganti peran sebagai penggembira), Yuti (the calm and smart one), Dian (highest skill in live report and also producing show), Narita (si marketing polos), Medi (anak gadget yang sok kritis tapi makasih karena kau tidak meng-judge-ku saat LPJ :D ), Nietha (eceu galak nan cabul), Alvan (cool outside sensitive inside), Osh (boneka Jepang yang ga pernah terlihat punya masalah), Icha (penyiar rame yang ga ada diemnya), Dani (si tua yang berjiwa *amat* muda), Vina (si o'on yang selalu positive thinking), Feby (neng geulis nan feminin, pemberi studio ini jiwa wanita bersama dengan Vina), Abdan (papah Station manager yang amat bertanggung jawab, sering cabut kuliah karena gantiin siaran, dan ga jarang nembak saya jadi penyiar siang dadakan), dan segenap kru yang lain yang tentunya tidak dapat saya sebutkan satu persatu, baik atas, seangkatan maupun di bawahku.. You all add one big colorful painting in my life. For sure..

Dan hari ini, 21 Maret 2010, kamu genap berusia 47 tahun. Selamat ulang tahun 8EH Radio ITB. Semoga dari tahun ke tahun kru- krumu akan dapat memberikan yang terbaik bagi namamu, bangsa dan negara. Dirgahayu 8EH!

Just like our slogan:
Be smart and stay cool, In harmonia progressio!



Memandang langit sore.. Berharap saat ini aku berada di pojok PAU Lt 8, duduk di sofa kumuh sambil mendengarkan alunan suara announcer bersama lagu yang diputar di tengah-tengah celotehan para kru, menikmati langit sore yang selalu memberi kabar bahwa beban sebentar lagi akan berakhir, sayang :)

2 comments:

Fajri Alhadi said...

nice post

David setiawan said...

nice post and info for climbing

visit too https://ittelkom-sby.ac.id